Saturday, 6 August 2016

Filled Under:

Tips Agar Belajar Anda Saat Kuliah Dapat Lebih Efektif

Apakah kamu mau agar belajarmu ketika waktu kuliah lebih efektif? Simak tips berikut ini!


1. Singkirkan handphone saat kuliah berlangsung

Mungkin inilah hal yang menjadi masalah banyak sekali mahasiswa. Memang sih, dalam beberapa kuliah mungkin kamu pernah atau bahkan sering bertemu dengan dosen atau pengajar yang melarang kita untuk bermain handphone. Namun pasti akan ada kelas di mana dosennya tidak pernah menegur mahasiswanya ketika bermain handphone. Nah, harusnya kamu mematikan handphone ketika pelajaran sedang berlangsung. Mengapa? Karena perhatian yang terpecah ke HP serta kuliah akan membuat belajar kita tidak efektif. 

Jadi, selalu singkirkan handphonemu saat di kelas. Apalagi jika dosen memang melarangnya, namun memang pengalaman penulis selalu ada saja mahasiswa yang nekat menyalakan hp meskipun sudah dilarang. Pengecualian membuka HP adalah jika memang anda harus membuka e-book di handphone anda. Jika terpaksa seperti itu, cobalah untuk close semua aplikasi karena aplikasi chat atau email selalu menjadi distraksi saat anda belajar sehingga anda menjadi tidak fokus.

2. Selalu catat hal penting yang dikatakan oleh dosen

Catatlah materi penting yang dikatakan oleh dosen. Biasanya juga dosen akan memberikan anda tugas membaca buku. Nah, jangan lupa catat hal tersebut agar anda bisa relate ke materi di pertemuan berikutnya. Catat hal-hal penting saja, seperti point utamanya, supaya anda tidak capek dan tetap fokus saat kuliah berlangsung.

3. Catat dalam buku / notebook yang sama, jangan terpisah-pisah!

Penulis seringkali melihat mahasiswa yang memakai buku catatan tidak mengatur dan mengorganisasikan catatannya. Asal-asalan saja, yang penting mencatat. Padahal hal tersebut akan merugikan nantinya. Menjelang UAS pasti kamu akan mempelajari lagi materi yang lalu, dengan catatan acak-acakan, belajarmu akan terasa lebih sulit karena catatan susah dimengerti dan diingat kembali.

4. Baca materi sebelum masuk kelas

Memang sih, kita kadang malas untuk membaca terlebih dahulu sebelum kelas dimulai. Namun ternyata, hal ini membawa banyak dampak positif. Seperti kamu akan lebih mudah mengerti materi, kamu akan terdorong untuk bertanya, dan banyak hal lainnya. Jadi jangan ragu untuk membaca materi sebelum kelas kamu dimulai

0 comments:

Post a comment