Saturday, 6 August 2016

Filled Under:

Tips Makan Sehat Untuk Kamu yang Sibuk Kuliah!

Rata-rata mahasiswa, atau bahkan kebanyakan mahasiswa biasanya tidak memiliki banyak waktu luang dalam aktivitas kuliahnya, entah itu karena organisasi ataupun sekedar tugas kuliah. Pada akhirnya, mahasiswa tersebut tidak memiliki cukup waktu untuk mengatur waktu makan atau memakan makanan sehat sehingga lebih memilih fast-food atau melewatkan waktu makan. Jika kamu merupakan mahasiswa yang aktivitasnya cukup padat, berikut penulis berikan tips makan sehat untuk mahasiswa yang sibuk dengan kegiatan kuliah!

  1. Usahakan untuk selalu sarapan - Penelitian menunjukkan bahwa ketika kita melewatkan sarapan, cenderung nilai kita akan menurun. Nah, jika memang anda tidak sempat atau terlalu sibuk untuk sarapan, cukup makan roti, segenggam buah-buahan, atau belilah jus buah yang dijual di daerah kampus anda. Tentu saja makanan-makanan di atas sangat mudah dibeli di kampus. Jika anda ingin lebih hemat, lebih baik beli makanan-makanan tersebut sekaligus. Contohnya, belilah roti satu bungkus + selai untuk sarapan satu minggu atau buah-buahan beberapa kilogram untuk beberapa hari.
  2. Kalau memang terpaksa harus makan fast-food, agak pilih-pilihlah! - Misalkan anda memang sedang diajak oleh teman ke tempat makan fast-food, agak pilih-pilihlah dalam memesan menunya. Misal anda berada di tempat makan yang menyediakan fast-food, cobalah pesan makanan yang tidak digoreng-goreng atau pesan salad. Memang sederhana sih, tapi kebiasaan ini dapat membantu kesehatan kamu lho.
  3. Diet boleh, tetapi tetap perhatikan asupan gizimu - Memang mengurangi jatah makan per hari adalah cara yang cepat dan ampuh untuk mengurangi berat badan kamu, namun seringkali kadang hal tersebut memiliki dampak yang kurang baik. Seperti kamu akan mudah terserang penyakit, dan sebagainya. Nah, meskipun anda diet, tetap perhatikan asupan gizi. Seperti yang diajarkan kepada kita ketika SD, makanan yang baik itu "empat sehat lima sempurna". Perlahan tapi pasti saja dengan diet anda, lama-lama pun pasti berat anda akan turun.
  4. Minum banyak air putih - Tubuh kita membutuhkan setidaknya tujuh sampai dengan delapan gelas per hari. Apalagi jika kegiatanmu sangat banyak dan menguras tenaga, maka anda butuh minuman lebih banyak. Cobalah bawa botol minum ke kampusmu, selain mempersehat diri dengan lebih banyak minum air putih, kamu juga menghemat uang untuk membeli minuman-minuman selain air putih.

0 comments:

Post a comment