Monday, 1 August 2016

Filled Under:

Tips Memilih Kelas Saat Memasuki Semester Baru Kuliah

Memilih kelas bisa jadi merupakan salah satu dilema mahasiswa saat akan memasuki semester baru. Agar aktivitas memilih kelas anda lancar, simak beberapa tips berikut ini!

Tips Memilih Kelas Saat Memasuki Semester Baru Kuliah


1. Perhatikan SKS dan mata kuliah wajib

Biasanya SKS standar per semester itu antara 18 sampai dengan 21 sks, sekurangnya atau selebihnya antara anda lulus lebih cepat atau lebih lambat dari empat tahun. Nah, ketika memilih mata kuliah, terutama jika mata kuliah anda tidak dipaketkan oleh universitas anda, maka anda wajib memperhatikan SKS serta mata kuliah yang wajib anda ambil. Jangan sampai anda terlambat lulus hanya karena salah mengambil mata kuliah pada saat pemilihan. Jangan lupakan mata kuliah wajib, jika tidak ada sistem paket di universitas anda, usahakan pilih mata kuliah dasar seperti PKn, agama, dan sebagainya di semester pertama dan kedua kuliah, agar nanti ke depannya hanya perlu fokus dengan mata kuliah konsentrasi jurusan anda. 

2. Buatlah jadwal sebelum memilih kelas

Ya, jangan santai-santai saat mendekati waktu pemilihan kelas. Pakai waktu anda sedini mungkin untuk menentukan jadwal. Tentukan juga jadwal alternatif untuk cadangan jika tiba-tiba kelas anda ada yang dipindahkan atau dibatalkan. Sesuaikan juga perencanaan jadwal kuliah dengan kebiasaan anda. Misal anda sering bangun siang, maka janganlah ambil kelas pagi terlalu banyak agar anda tidak perlu ribet lagi saat kuliah nanti. Atau mungkin anda merencanakan ingin mengosongkan salah satu hari seperti hari jumat agar liburan panjang, ini juga bisa dilakukan dengan memadatkan kelas ke salah satu hari selain jumat.

3. Pertimbangkan saran pembimbing akademik

Biasanya pembimbing akademik akan memberikan saran dalam pertimbangan mengambil kelas sebelum masa efektif kuliah berlangsung. Akan lebih baik juga jika anda bertanya kepada pembimbing anda daripada menunggu diberikan saran. Selalu ingat bahwa pembimbing akademik pastinya sudah bertahun-tahun memiliki pengalaman, jadi selalu pertimbangkan saran pembimbing akademik anda dalam memilih kelas. Mungkin saja anda akan mendapatkan pelajaran berharga dari sana.

4. Registrasi lebih awal lebih baik 

Jika di universitas anda diharuskan membayar terlebih dahulu atau registrasi terlebih dahulu, maka lakukanlah hal tersebut secepat mungkin. Lebih cepat akan lebih baik, karena bisa jadi kelas yang anda pilih akan keburu penuh oleh orang lain. Tidak mau kan jadwal anda rusak karena anda malas registrasi lebih awal?

Begitulah sedikit tips yang berguna untuk memilikh kelas saat akan memasuki semester baru kuliah, semoga bermanfaat!

0 comments:

Post a comment