Thursday, 4 August 2016

Filled Under:

Yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Memutuskan untuk Kuliah Online

Di zaman globalisasi sekarang, kuliah sudah tidak lagi terbatas oleh ruang dan waktu. Banyak lembaga-lembaga yang menyediakan pembelajaran online sekarang. Nah, apakah kamu tertarik melakukan belajar atau kuliah secara online? Inilah hal yang harus kamu perhatikan sebelum memutuskan untuk berkuliah jarak jauh. Apa saja yang harus kamu perhatikan? Check this out!

1. Tentukan apakah kamu cocok belajar online?

Hal pertama yang harus kamu tanyakan adalah ini: Apakah saya cocok belajar online? Ada tipe orang yang mudah mengerti sesuatu dengan belajar otodidak. Ada juga yang perlu sedikit dibimbing. Banyak juga yang mesti diajari dan diberitahu berkali-kali sampai akhirnya mengerti. Nah, kamu perlu mengetahui diri kamu sendiri, kamu tipe yang mana? Belajar online lebih cocok untuk orang yang mudah mengerti dengan pelajaran. Namun, sebetulnya meskipun kamu orangnya tidak mudah mengerti, dengan banyak latihan pasti kamu akan bisa belajar online. Pertanyaan ini hanya untuk meyakinkan kamu apakah kamu siap belajar online dengan segala konsekuensinya.

2. Cari kampus online yang telah terakreditasi

Akreditasi adalah hal yang sangat penting dalam memilih sekolah online.Tanpa akreditasi, gelar dari kampusmu akan sia-sia dan pembelajaranmu juga akan kurang berkualitas. Coba search google dan bertanyalah ke forum-forum sebelum memutuskan untuk mengambil jurusan di kampus online yang kamu pilih tersebut
3. Perhatikan akses internet
Ini memang sudah jelas sih, namun tetap saja perlu kamu perhatikan. Mengapa? Jangan sampai ketika ada kuliah atau ujian online, kamu tidak bisa membukanya hanya karena kuotamu habis atau wifi-mu tiba-tiba lemot dan lain sebagainya. Perhatikan limit akses internet, kecepatan, serta hal-hal tidak diinginkan yang dapat terjadi dengan akses internetmu.

4. Persiapkan manajemen waktu untuk belajar

Biasanya orang yang berkuliah online adalah orang yang sedang bekerja atau yang malas dengan jadwal kaku kuliah konvensional di kelas. Meskipun waktu anda terbatas, tetap saja anda harus siapkan waktu untuk belajar. Ada yang bilang kuliah online itu cukup sulit dilakukan dan seringkali banyak remedial yang harus dijalani. Nah, sebaiknya hal tersebut sudah kita atur dari awal sebelum memutuskan untuk daftar kuliah online.

0 comments:

Post a comment