Friday, 30 September 2016

Filled Under:

Pertimbangkan Hal ini Sebelum Masuk Kuliah Jurusan Teknik Elektro

Kuliah jurusan teknik elektro tidaklah mudah. Dan jurusan ini merupakan jurusan yang hanya dimasuki oleh lulusan SMA IPA atau SMK dengan basis keilmuan elektronika. Jurusan Kuliah Teknik Elektro memiliki dasar bidang pelajaran berupa fisika dan matematika. Apalagi pada semester-semester awal, biasanya ada pelajaran fisika dan matematika dasar.

Teknik Elektro memang bagus prospeknya luas. Karena ada banyak perusahaan yang membutuhkan lulusan ini. Misalnya perusahaan listrik, perusahaan pertambangan juga membutuhkan. Perusahaan komputer juga membutuhkan, banyak pokoknya.



Tapi kalau kamu tidak kuat dengan ilmu fisika dan matematika sebaiknya tidak usah. Karena jurusan ini membutuhkan keahlian itu. Kalau kamu tidak pandai, bisa-bisa drop out kuliah karena tidak kuat ikuti pelajarannya.

Berikut telah kami berikan rincian sebelum kamu masuk jurusan kuliah teknik elektro. Agar tidak menyesal di kemudian hari:

1. Pastikan kamu berasal dari SMA IPA atau SMK Elektronika karena mayoritas pelajarannya adalah tentang ilmu hitungan eksakta.
2. Kamu harus mengerti juga dasar-dasar elektronika, misalnya mempelajari arus listrik.
3. Kamu harus sering praktek, misalnya mempelajari komponen barang elektronik
4. Kuliah ini juga menuntutmu untuk banyak bergaul dengan teman-teman yang positif agar sama-sama belajar.
5. Apabila kamu merasa tidak mampu ikuti pelajarannya, mending kamu keluar saja, mumpung masih semester awal, daripada menyesal.

Alasan mengapa ketika kamu dari awal sudah tidak betah di jurusan ini mending keluar saja adalah karena semester-semester awal ini adalah semester penentuan tentang kapasitasmu. Kalau sejak awal kamu bingung, tidak bisa, sudah dipastikan kamu tidak bisa ikuti pelajarannya untuk kedepannya.

Sebab, mata kuliah eksakta itu beda dengan ilmu sosial. Kalau eksakta itu ilmu pasti. Kalau nalarnya tidak sampai ya tidak bakal bisa. Kalau ilmu sosial, walaupun tidak bisa menalar, pada akhirnya bisa mengarang dan mengerjakan. Karena ilmu sosial memiliki ruang untuk perenungan dan imajinasi kira-kira.

Masa mau belajar soal elektronika ngarang? Bisa-bisa kesetrum atau meledak. Maka dari itu, sebaiknya jika memang kamu tidak sanggup. Nilai E semua di semester awal. Mending keluar saja. Dan pindah ke jurusan lain. Supaya masa depanmu aman. Tidak guncang.

0 comments:

Post a comment