Tuesday, 4 October 2016

Filled Under:

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik

Surat lamaran kerja adalah komponen yang sangat penting untuk melamar kerja. Surat lamaran kerja menjadi gerbang masuk aneka macam berkas yang akan diserahkan pada perusahaan yang akan dilamar. Pihak perusahaan mula-mula akan melihat surat lamaran kerja dulu, barulah berkas yang lain.

Apa itu sebenarnya surat lamaran kerja? Surat lamaran kerja adalah sebuah surat yang berisi informasi singkat tentang maksud mengirimkan berkas, informasi identitas diri singkat, dan tentunya adalah tentang uraian posisi kerja yang dilamar.


Bila berkas lamaran dikirim secara offline, maksudnya datang langsung ke kantor perusahaan yang dituju atau melalui pos, maka surat lamaran kerja harus ditulis secara rapi, sebaiknya dengan tulisan tangan. Sebab banyak perusahaan menerapkan sistem grafology untuk membaca kepribadian pelamar kerja. Semakin rapi tulisanmu, maka kamu akan semakin besar kemungkinannya untuk diterima kerja.

Bila berkas lamaran dikirim secara online, maksudnya kamu mengirimnya pakai e-mai. Maka surat lamaran kerja harus ditulis di badan e-mail dengan konten (isi) yang sama sebagaimana surat offline. Kemudian berkas yang lainnya dilampirkan melalui menu attachment.

Surat lamaran kerja haruslah ditulis dengan bahasa resmi. Dilarang pakai bahasa gaul karena ini akan membuatmu terkesan tidak sopan dan tidak hormat. Serta tidak memiliki kapasitas sebagai seorang karyawan yang kompeten dan dibutuhkan.  Maka dari itu, belajarlah cara penulisan bahasa baku dalam bahasa Indonesia. Terutama soal EYD. Kemudian, biasakan untuk secara rutin membaca berkali-kali surat lamaran kamu, agar terhindar dari Typo.

Ada lagi yang perlu diperhatikan, yaitu: kamu harus mencantumkan pula asal muasal kamu mendapatkan informasi iklan lowongan kerja. Kamu harus menuliskannya agar pihak perusahaan tahu bagaimana caramu dapat jalan lowongan kerja ini.

Jika semua cara di atas sudah dilakukan, kamu tinggal fokus ke berkas yang lain. Yaitu Curriculum Vitae. CV adalah berkas yang menguraikan lebih luas dan panjang, sertai detail tentang siapa dirimu. Kamu harus melampirkan data yang benar-benar valid terutama soal identitas nama dan riwayat pendidikan. Jangan lupa melampirkan pula scan ijasah dan sertifikat-sertifikat pendukung sebagai bukti rekam jejaknya di dunia kerja.

0 comments:

Post a comment