Thursday, 6 October 2016

Filled Under:

Hidup Tenang itu Hidup yang Tanpa Hutang, Ini Tips Menghindari Hutang Untuk Pekerja

Manusia tidak akan bisa terhindar dari yang namanya masalah atau kesulitan. Banyak musibah silih berganti yang memaksa seseorang mengeluarkan banyak uang. Padahal penghasilan pas-pasan, alhasil harus melakukan tindakan yang bernama HUTANG.

Hutang sebenarnya boleh saja, masalahnya Hutang untuk apa dulu. Kalau hutangnya untuk foya-foya atau melakukan hal yang sifatnya konsumtif maka hutang ini menjadi sangat bahaya karena tidak ada akumulasi modal di dalamnya.



Sayangnya mayoritas orang itu hutang ya untuk konsumsi, bukannya untuk modal awal menjalankan usaha. Sehingga tidak ada akumulasi kapital atau modal di dalamnya. Alhasil hutang itu menjadi sangat berat untuk dilunasi atau dibayar karena uang tidak ada melulu.

Hidup tanpa hutang adalah hidup yang tenang. Kamu harus pandai-pandai menghindarikan diri dari hutang karena hutang akan membuatmu sengsara dan terbayang rasa takut kedepannya. Lebih baik hidup dalam kesusahan dan kesederhanaan, daripada punya hutang di mana-mana.

Ini tips menghindari hutang untuk para pekerja agar uang gaji selama ini tidak habis untuk bayarin hutang melulu, soalnya uangnya kan ditabung:

1. Biasakan hidup hemat dan sederhana. Yang penting kan bisa makan.

2. Jika terpaksa harus hutang, segeralah membayarnya jika kamu punya uang. Jangan menunda-nunda, karena menunda hutang hanya akan bikin kamu semakin terpuruk di kemudian hari.

3. Biasakan untuk hutang sebagai modal usaha, bukannya untuk makan yang langsung habis. Karena modal usaha itu bisa diakumulasikan.

4. Buatlah perencanaan anggaran belanja sehari-hari dengan baik, agar tidak defisit.

5. Segeralah bertaubat bila memiliki kebisaaan boros.

Jika kamu sudah melakukan semua tips di atas, sekarang tinggal saatnya kamu konsisten menjalaninya. Jangan lupa untuk berdoa kepada Tuhan agar senantiasa terhindari dari masalah ekonomi yang membuatmu harus sampai hutang.

Seseorang yang sudah bekerja itu harus pandai mengatur uang agar uangnya terasa menghasilkan dan menjanjikan. Tidak bolehlah pekerja hamburkan uangnya hingga bangkrut dan harus hutang, karena ini akan membuat hidup semakin sengsara.

Hutang adalah sesuatu yang akan dibawa hingga mati. Sebaiknya kamu jangan terjerat masalah hutang karena kalau sampai terjerat hidupmu tidak akan tenang dan dipenuhi rasa takut serta malu.

0 comments:

Post a comment