Saturday, 1 October 2016

Filled Under:

Suka Duka Kuliah Jurusan Ilmu Politik

Kuliah jurusan Ilmu Politik mungkin menjadi idaman orang. Tapi biasanya hanya idaman nomor 2. Jadi mayoritas mahasiswa yang masuk jurusan ini adalah yang mencantumkan jurusan ini di posisi pilihan ke-2 dalam blangkonya.

Ini artinya masih banyak orang yang tidak paham sebenarnya jurusan Ilmu Politik itu prospeknya seperti apa. Memang jika melihat prospek, jurusan ini hanya memungkinkan orang memiliki dua macam profesi yaitu menjadi praktisi politik atau menjadi ilmuwan politik.



Kalau menjadi praktisi politik, artinya seseorang haruslah masuk ke dalam partai politik dan mengikuti proses pengkaderan di sana, agar kelak bisa masuk kamar eksekutif dan legislatif. Sebaliknya jika ingin menjadi ilmuwan politik, maka seseorang harus banyak melakukan penelitian ilmiah di bidang politik.

Berikut adalah daftar "suka cita" masuk jurusan Ilmu Politik. Daftar ini semoga membantu kamu dalam mempertimbangkan keputusan sebelum masuk jurusan kuliah ini:

1. Kuliah jurusan Ilmu Politik, senangnya adalah kamu bakal menjadi mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, fakultas ini adalah salah satu fakultas terbaik yang banyak peminatnya dan jaringan alumninya sangat kuat.

2. Kuliah Jurusan Ilmu Politik sangat cocok buat kamu yang ingin terjun di bidang politik praktis. Misalnya menjadi seorang anggota DPR. Karena di sini kamu akan diberikan dasar-dasar ilmiah untuk bagaimana caranya maju menjadi anggota DPR.

3. Kuliah Ilmu Politik itu bisa membuatmu tumbuh menjadi orang yang pemberani. Karena kamu dipaksa untuk bisa bicara dihadapan orang banyak. Tidak ada satupun mahasiswa Ilmu Politik yang tidak pandai bicara.

4. Kuliah Ilmu Politik membuatmu memiliki banyak teman atau kenalan terutama dari kalangan pejabat karena seringnya penelitian dengan menunjuk mereka sebagai narasumber.

Dan berikut adalah daftar "duka cita" masuk jurusan Ilmu Politik. Daftar ini membuatmu berpikir seribu kali untuk mau masuk jurusan Ilmu Politik:

1. Mata kuliah Ilmu Politik itu susah banget kajiannya. Jangan dipikir gampang. Analisis politik itu susah, karena mempertemukan teori dengan fakta di lapangan.

2. Mata kuliah ini biasanya cepat sekali berubah isunya apalagi untuk menanggapi masalah aktual jalannya pemerintahan negara Indonesia. Kamu harus banyak baca koran, ini akan susah buat yang tidak terbiasa baca.

3. Kuliah Ilmu Politik akan bingung cari kerja. Terutama buat kamu yang tidak ingin terjun politik praktis. Maka kamu harus jadi ilmuwan. Sayangnya tidak semua orang mampu mengembang profesi ilmuwan.

0 comments:

Post a comment