Monday, 22 October 2018

Filled Under:

DAAD, Solusi Kuliah Gratis di Jerman

DAAD atau German Academic Exchange Service mendukung mahasiswa internasional untuk melanjutkan studinya di Jerman. DAAD menyediakan berbagai macam beasiswa bagi para mahasiswa yang berminat kuliah di Jerman.

Memang seperti yang mungkin sudah kalian ketahui, kuliah Jerman itu nyaris gratis. Namun biaya hidup di Jerman yang cukup mahal membuat tak semua orang bisa kuliah di Jerman. DAAD merupakan salah satu solusi agar kamu bisa kuliah secara gratis di Jerman.

Berikut adalah beberapa beasiswa yang ditawarkan oleh DAAD:

1. Development-Related Postgraduate Courses (EPOS)

EPOS ditujukan bagi program Pascasarjana (Master dan PhD). Beasiswa ini adalah beasiswa full atau penuh, yang akan mengcover semua keperluan biaya studi kamu selama di Jerman. Target dari penerima beasiswa ini adalah para profesional muda yang berasal dari negara-negara berkembang.

Untuk mendapatkan beasiswa ini, sang pelamar beasiswa haruslah sudah lulus sarjana dengan program studi yang berhubungan dengan program Pascasarjana yang dituju. Selain itu, pelamar beasiswa juga minimal harus memiliki pengalaman kerja sebanyak 2 tahun. Namun hanya terdapat beberapa bidang saja yang memungkinkan untuk mendapatkan beasiswa ini, yaitu bidang-bidang yang berhubungan dengan pembangunan dan lingkungan. Untuk lebih jelasnya, silahkan cek secara langsung situs DAAD-nya.


2. Helmut-Schmidt-Programme: Master’s Scholarship for Public Policy and Good Governance (PPGG)

Target dari penerima beasiswa penuh ini adalah orang-orang yang berasal dari Afrika, Amerika Latin, Asia Selatan, Asia Tenggara, serta negara Timur Tengah. Beasiswa untuk program Master ini dikhususkan untuk para pemimpin masa depan..

Agar bisa mendapatkan beasiswa ini, kamu harus memiliki prestasi akademik yang baik, memiliki kemampuan bahasa Inggris dan Jerman, terlibat dalam lingkungan politik dan sosial. Selain itu, pelamar beasiswa juga harus memiliki motivasi dan ketertarikan terhadap program studi yang akan diambil. Gelar sarjana yang dimiliki tidak boleh lebih dari 6 tahun ketika melamar beasiswa. Tidak pernah tinggal di Jerman lebih dari 15 bulan ketika melamar beasiswa.

3. Sustainable Water Management: Study Scholarship and Research Grants for Foreigner

Beasiswa penuh ini juga ditujukan untuk program Pascasarjana (Master dan PhD). Hanya beberapa negara saja yang berhak mendapatkan beasiswa ini, yaitu Indonesia, Kamboja, Yordania, Kazakhstan, Iran, Kyrgystan, Myanmar, Laos, Mongolia, Tajikistan, Uzbekistan, Thailand, Turkmenistan, dan Vietnam. Beasiswa ini spesifik bagi program studi yang berhubungan dengan pengelolaan air berkelanjutan.

Sama halnya seperti beasiswa EPOS, pelamar beasiswa ini juga harus memiliki pengalaman minimal 2 tahun. Tidak hanya itu, gelar sarjana terakhir yang diperoleh tidak boleh lebih dari 6 tahun. Memiliki IPK minimal 2.75. TOEFL IBT 80 atau IELTS 6.0, serta memiliki kemampuan berbahasa Jerman.

4. Doctoral Degree dan Post Doc Scholarship Programs

Beasiswa dikhususkan untuk program Doktoral dan Post Docs. Kriteria yang harus dimiliki oleh pelamar adalah Gelar Magister yang diperoleh tidak lebih dari 6 tahun. Melampirkan surat penerimaan atau LoA dari universitas yang dituju. IPK minimal 3.0. TOEFL IBT minimal 80 atau IELTS minimal 6.0, serta kemampuan bahasa Jerman jika diharuskan.

0 comments:

Post a comment