Friday, 30 November 2018

Filled Under:

Beberapa Cara Menjadi Sutradara, Serta Tipsnya

KerjaKuliah.com - Pernahkan terlintas dipikiranmu bagaimana cara menjadi sutradara? Tidak banyak orang yang memang berminat jadi seorang sutradara. Namun pekerjaan yang satu ini sebenarnya sangatlah menarik. Kamu bisa membuat karya yang bisa ditonton oleh banyak orang. Dan bahkan kamu bisa terkenal apabila film atau drama buatanmu sangat populer.

Lalu apa tugas seorang sutradara? Sutradara sebenarnya bukan cuma tentang mengatur dan mengarahkan aktris didepan kamera saja, namun sutradara juga harus tahu tentang penataan kostum para pemainnya, fotografi, suara, dan hal-hal lainnya yang terkait dengan pembuatan film.

Sutradara terlibat dalam setiap proses produksi film. Tentu saja hal itu menjadikan tanggung jawab seorang sutradara menjadi sangat besar. Menarik bukan?


Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjadi seorang sutradara, dan salah satunya adalah dengan kuliah. Namun memang menjadi seorang sutradara juga sebenarnya tidak harus melalui kuliah. Berikut beberapa cara dan tips menjadi sutradara.

1. Pendidikan

Kuliah di jurusan perfilman adalah salah satu cara untuk menjadi seorang sutradara. Memang ini tidak wajib, namun, memiliki ilmu yang lebih baik melalui kuliah tidak ada salahnya. Kamu bisa belajar tentang produksi film yang akan memberikan nilai plus pada kemampuanmu.

2. Pelatihan atau Kursus

Banyak pelatihan, seminar, atau kursus yang menawarkan ilmu perfilman. Meskipun tidak memiliki gelar perfilman, mengikuti kursus perfilman juga dapat menjadi salah satu cara untuk mengantarkanmu menjadi seorang sutradara yang handal.

3. Menjadi Editor, Aktor, atau Penulis Skenario

Sebelum terjun menjadi seorang sutradara, banyak juga orang-orang yang pada awalnya berkarir sebagai editor, aktor, ataupun penulis skenario. Karena dengan melakukan pekerjaan-pekerjaan tersebut, kamu akan mengetahui lebih dekat tentang bagaimana pekerjaan seorang sutradara. Setelah itu barulah kamu memulai karirmu menjadi seorang sutradara dari sana.

4. Menjadi Asisten Sutradara

Magang sebagai asisten sutradara memberikan pengalaman yang dapat pakai untuk membuat film nanti. Tidak hanya itu, hal itu juga dapat membantu menambah daya tarik CV-mu.

5. Banyak Menonton Film

Jika ingin menjadi seorang sutradara, banyak menonton film adalah hal yang wajib. Bagaimana mungkin orang yang tidak suka menonton film ingin menjadi seorang sutradara. Karena dengan menonton film, hal itu dapat memberikanmu referensi dan wawasan yang lebih banyak yang akan membantumu dalam membuat karya. Orang yang kuliah di jurusan perfilman bahkan wajib menonton film yang terkadang menjadi bagian dari tugas kuliah mereka.

6. Mencoba Membuat Film

Cobalah buat filmmu sendiri. Ikuti festival film pendek dengan menggunakan karyamu. Hal itu akan sangat membantu sekali memberikanmu pengalaman. Apalagi kalau kamu bisa menang dengan mendapatkan penghargaan. Kamu bisa langsung terkenal loh.

0 comments:

Post a comment