Tuesday, 27 November 2018

Filled Under:

Perbedaan Kerja Jadi Bidan dan Perawat

KerjaKuliah - Mungkin saat ini kamu sedikit bingung akan perbedaan antara bidan dan perawat. Memang perbedaan mereka sebenarnya cukup jelas, yang satu membantu perempuan hamil atau melahirkan, sementara yang satu lagi membantu pasien secara umum. Nah dalam artikel ini akan sedikit dibahas lebih dalam lagi terkait dua pekerjaan yang sama-sama di bidang kesehatan ini.

Bidan harus mampu memberikan arahan, asuhan, serta nasihat kepada para ibu selama masa hamil, melahirkan, dan pasca melahirkan. Bidan juga harus dapat memimpin persalinan serta mengurus bayi yang baru lahir. Seorang bidan harus telah menyelesaikan pendidikan bidan yang pendidikannya diakui oleh pemerintah.

Kewajiban seorang bidan pada intinya adalah memberikan pelayanan kesehatan terhadap pasien yang membutuhkan, yaitu perempuan yang hamil, melahirkan, atau pasca melahirkan. Selain itu bidan juga bertugas dalam urusan pelaporan kelahiran dan juga kematian.


Sementara perawat adalah profesi yang juga memberikan pelayanan kesehatan, namun tugas mereka lebih kearah interaksi antara pasien dan perawat. Seorang perawat juga harus telah menyelesaikan pendidikan keperatawannya yang diakui oleh pemerintah.

Kewajiban seorang perawat tentu saja memberikan pelayanan keperawatan kepada pasien yang membutuhkan. Selain itu perawat juga wajib memberikan informasi terkait perawatan apa yang mereka lakukan kepada pasien yang bersangkutan. Dokumentasi yang akurat dan berkelanjutan juga wajib dilakukan oleh seorang perawat.

0 comments:

Post a comment