Saturday, 1 December 2018

Filled Under:

Gaji Masinis Diatas Rp13 Juta, Gimana Cara Jadi Masinis?

KerjaKuliah.com - Gaji seorang masinis kini bisa mencapai diatas Rp13 juta. Banyak orang yang mulai tertarik menjadi masinis dan mulai mencari tahu bagaimana cara menjadi masinis. Untuk menjadi masinis, seseorang harus mengikuti sekolah khusus.

Seorang calon masinis harus belajar di sekolah khusus masinis, yaitu Akademi Perkeretaapian Indonesia (API) Madiun, BPPT Darman Prasetyo Yogyakarta, dan Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) Bekasi. Para calon masinis itu akan dilatih secara khusus dengan berbagai pelatihan di tempat tersebut.

"Dipusdiklatnya ada praktek dan training satu tahun," tutur Edi Sukmoro, Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (PT KAI).


Walaupun telah satu tahun melakukan training tersebut, seorang calon masinis tidaklah langsung menjadi masinis. Namun mereka harus menjadi asisten masinis dulu. Barulah setelah itu mereka bisa menjadi masinis.

Syarat untuk menjadi masinis membutuhkan tinggi badan, usia, fisik yang kuat, serta memenuhi syarat tes.

Lowongan pekerjaan menjadi masinis sebenarnya masih cukup banyak. Karena semakin kesini jumlah kereta terus bertambah seiring bertambahnya jumlah pengguna kereta. Belum lagi Indonesia juga sedang dalam pembangunan MRT dan LRT yang tentu saja membutuhkan jumlah masinis yang cukup banyak.

Belum lagi akan ada juga kereta trans sumatera yang menghubungkan beberapa wilayah di Sumatera. Tentu saja hal itu berarti masinis juga akan semakin banyak dibutuhkan.

0 comments:

Post a comment