Thursday, 25 April 2019

Filled Under:

6 Jurusan Teknik Informatika Terbaik di Indonesia

KerjaKuliah.com - Jurusan Teknik Informatika memang sangat diminati para siswa akhir-akhir ini. Seiring dengan perkembangan teknologi, prospek kerja jurusan teknik informatika ini menjadi sangat baik.

Gaji yang ditawarkan pun bukan main-main. Bahkan berdasarkan riset terbaru yang dilakukan oleh ITB terhadap para alumninya, jurusan teknik informatika kini menduduki gaji yang paling tinggi, mengalahkan jurusan teknik perminyakan yang biasanya selalu menempati posisi teratas.

Akibatnya banyak sekali bermunculan jurusan teknik informatika di Indonesia. Bahkan kampus abal-abal pun turut serta berbondong-bondong membuka jurusan teknik informatika hanya untuk menggaet para mahasiswa agar mau berkuliah ditempat mereka. Hal tersebut berakibat banyaknya lulusan teknik informatika yang akhirnya kurang berkualitas karena didikan yang asal-asalan.


Ujung-ujungnya setelah lulus mereka hanya bekerja sebagai tukang install ulang komputer atau laptop. Padahal hal tersebut bukanlah hal yang diharapkan sebagai seorang lulusan teknik informatika.

Berikut 6 universitas terbaik untuk jurusan teknik informatika di Indonesia:

1. Institut Teknologi Bandung – ITB
Saya berani mengatakan kalau ITB adalah salah satu kampus yang memiliki jurusan teknik informatika terbaik. Saya sendiri sebagai seorang alumni teknik informatika ITB sudah merasakan langsung bagaimana bagusnya kualitas pendidikan disana. Bahkan setelah lulus, tidak sedikit lulusan teknik informatika ITB yang berhasil mendirikan perusahaan dan startup yang cukup sukses. Tidak hanya itu, banyak juga lulusan teknik informatika ITB bekerja ke luar negeri. Di Indonesia sendiri pun karir para alumni IF ITB tersebut bisa dikatakan sangat baik.

2.Institut Teknologi Sepuluh November – ITS
Memang saya belum pernah merasakan langsung belajar di kampus ITS. Tapi berdasarkan pengalaman saya bertemu dengan beberapa alumni teknik informatika ITS, kualitas mereka juga bagus. Jadi saya yakin kalau kualitas pendidikan di ITS juga bagus. Waktu saya bekerja di luar negeri, saya bertemu dengan beberapa alumni ITS yang sama-sama bekerja di luar negeri juga.

3. Universitas Gadjah Mada – UGM
Berbeda dari sebelumnya, nama jurusan serupa yang ada di UGM adalah teknologi informasi. Di UGM, ada beberapa peminatan yang dapat dilakukan apabila mengambil jurusan ini, yaitu Rekayasa Sistem Komputer, Rekayasa Sistem Informasi, dan Rekayasa Perangkat Lunak. Berdasarkan BAN-PT, jurusan teknologi informasi UGM memiliki akreditasi A.

4. Universitas Indonesia
Universitas Indonesia juga memiliki nama jurusan yang berbeda, bukan teknik informatika, bukan teknologi informasi, tetapi jurusan ilmu komputer. Ilmu komputer UI juga memiliki kualitas yang bagus. Kelebihan yang saya tahu dari jurusan ilmu komputer UI dibandingkan dengan teknik informatika ITB adalah banyak ceweknya :D . Ya benar, jurusan ilmu komputer UI lebih banyak mahasiswinya dibandingkan dengan jurusan teknik informatika ITB. Berdasarkan BAN-PT, ilmu komputer UI juga memiliki akreditasi A.

5. Universitas Bina Nusantara
Walaupun universitas swasta, Binus memiliki kualitas jurusan teknik informatika yang sangat baik. Beberapa orang yang pernah saya temui yang berasal dari lulusan binus memiliki kemampuan yang luar biasa. Jurusan Informatika di Binus juga memiliki akreditasi A.

6. Universitas Telkom
Untuk yang terakhir ini jujur sebenarnya saya sendiri kurang tahu bagaimana kualitasnya. Namun berdasarkan cerita dari orang-orang. Jurusan teknik informatika di Universitas Telkom juga tidak kalah bagusnya. Kalau dilihat dari BAN-PT sih akreditasinya A.

Nah apabila teman-teman punya info soal jurusan teknik informatika atau jurusan serupa yang juga tidak kalah bagusnya, silahkan bagikan infonya di kolom komentar dibawah ya.

0 comments:

Post a comment