Sunday, 5 May 2019

Filled Under:

Politeknik Swasta Terbaik di Indonesia

KerjaKuliah.com - Politeknik Swasta ada yang menjadi Favoritku. Aku menaruh respek besar pada Politkenik ATMI Solo yang merupakan tradisi sekolah vokasi salah satu yang tertua dan terbaik di Indonesia. Hebatnya, Politeknik ATMI ini bukan didirikan oleh perusahaan, melainkan oleh Para Misionaris Khatolik yang melihat betapa pentingnya pendidikan vokasi.

Tampaknya karena banyak Para Rohaniawan ini asalnya (mungkin dari Jerman, Swiss atau Austria) yang negara tsb sangat maju dengan pendidikan vokasi bahkan sudah berlangsung selama 650 tahun lebih, maka mereka terinspirasi membangun pendidikan vokasi di Indonesia.

Selain itu, aku menaruh respek besar pada perusahaan-perusahaan Indonesia yang bersedia membangun Pendidikan Vokasi untuk menghasilkan SDM High-Skilled buat Industri. PT. Astra Internasional dan PT. Gajah Tunggal yang kuketahui sebagai perusahaan-perusahaan pelopor untuk membangun sekolah vokasi. Yang juga diacungi Jempol adalah tanggung jawab sosial PT. Caltex yang mereka pun mendidikan Politeknik untuk membangun tradisi vokasi tinggi di Indonesia.

Bagiku pribadi ke-4 Politeknik ini adalah favoritku yaitu

  • Poltek ATMI Solo,
  • Poltek Manufaktur Astra Jakarta,
  • Poltek Gajah Tunggal Tanggerang dan
  • Poltek Caltex Riau (Pekanbaru).


Mereka punya tradisi vokasi dan linkage industry yang bagus. Jika anda bertanya padaku pribadi saat ingin masukkan putra/i atau ponakan anda ke PTS maka kusarankan ambil Politeknik dari pada universitas. Alasannya supaya memiliki high-skilled sehingga mudah terserap di dunia kerja.

Hanya tetap masih banyak Politeknik yang cukup bagus kualitasnya selain 4 Politeknik tersebut. Menurut peringkat DIKTI ---catatan penting: aku tidak favorit dengan peringkat DIKTI untuk politeknik, karena DIKTI sampai saat ini masih terlalu fokus pada program akademis dari pada vokasi, maka selain 4 politeknik tersebut ada beberapa poltek yang diberi tempat terhormat oleh DIKTI.


Poltek-Poltek dibawah ini cukup mendapat respek dari DIKTI.

  • Politeknik Ubaya – Surabaya
  • Politeknik Darusalam – Palembang
  • Politeknik Komputer Niaga LPKIA – Bandung
  • Politeknik LP31 - Bandung
  • Politeknik Manufaktur Ceper – Klaten
  • Politeknik API – Yogyakarta
  • Politeknik Piksi Ganesha – Bandung
  • Politeknik Sakti – Surabaya


Untuk kota pelajar Yogyakarta sendiri ada Poltek PTS yang juga punya reputasi bagus selain Poltek API Yogyakarta, yaitu:
Politeknik Mekatronika Sanata Dharma
Politeknik Muhammadiyah Yogyakarta
Politeknik LPP Yogyakarta

Satu saranku terakhir: sebaiknya jika ambil Poltek ambil jenjang D4 (Sarjana Terapan) sehingga karir dari putra/i atau ponakan atau anak kerabat/teman anda itu akan cukup moncer seperti layaknya lulusan sarjana. Program D3 umumnya relatif sulit kembangkan karirnya kecuali bisa lanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi, itu pun tidak mudah.

Jika D4 (Sarjana Terapan) saat lulus mudah lanjutkan sekolah Master baik dalam maupun luar negeri, karirnya sejajar dengan S1 ketika lulus serta punya kompetensi yang baik menjadi SDM High-Skilled. Jadi, ambil Poltek atau Sekolah Vokasi jenjang D4 (Sarjana Terapan) adalah pilihan yang baik buat putra/i, ponakan atau anak dari kerabat/teman anda.

0 comments:

Post a comment