Sunday, 15 May 2016

Filled Under: ,

Lulusan Teknik Informatika Gaji Besar? Siapa Bilang?

Banyak yang beranggapan jurusan teknik informatika adalah jurusan yang menghasilkan lulusan bergaji besar. Jaman sekarang yang segalanya bergantung dengan IT, membuat para lulusan Teknik Informatika atau Ilmu Komputer dicari dimana-mana. Memang benar seperti itu?

Kalau dibutuhkan sih iya, hmmmm, tapi kalo soal gaji sih, haha.

Memang fakta dilapangan lowongan yang terkait dengan IT bertebaran dimana-mana. Bahkan tak jarang akhirnya para lulusan jurusan selain IT berpindah haluan dan mempelajari IT agar bisa mendapatkan pekerjaan dengan mudah. Dan kini IT terus berkembang dan berkembang.

Namun jika bicara soal gaji, gaji lulusan informatika khususnya di Indonesia sebenarnya termasuk kecil. Hanya beberapa perusahaan saja yang mau menggaji besar. Jika tidak memiliki skill yang memadai, lulusan IT mungkin hanya akan digaji "seadanya".


Berdasarkan grafik rata-rata penghasilan per bulan alumni ITB angkatan 2008, dapat dilihat lulusan teknik informatika ITB mendapatkan gaji yang cukup besar dengan rata-rata sekitar Rp 11 Juta / bulan. Namun itu adalah rata-rata yang sebenarnya belum tentu semua orang mengisi datanya. Kebanyakan yang mengisi data itu bisa saja hanya orang-orang yang bergaji tinggi saja. Yang gajinya kecil ya malu mau memasukkan data gajinya.

Memang benar ada perusahaan-perusahaan di Indonesia, khususnya Jakarta, yang sudah mulai mau mengggaji fresh graduate informatika hingga belasan juta. Namun itu juga hanya segelintir perusahaan saja. Sisanya? Hmmmmm.

Mungkin masalah ini menjadi salah satu hal yang membuat para lulusan informatika terbaik di Indonesia pergi dan kerja ke luar negeri untuk mendapatkan penghargaan yang lebih baik. Namun memang tak jarang juga masih ada yang betah di Indonesia, (yang katanya) ingin mengabdi pada negara.

5 comments:

  1. Artikel tdk membantu, bikin jatuh harapan orang2 yang mau kuliah disitutermasuk saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika kamu mau kuliah.. jangan dngarkan pndapat orang lain.. nnti kamu tau sndiri berapa besar gaji, semua trgantung usaha

      Delete
    2. Jika kamu mau kuliah.. jangan dngarkan pndapat orang lain.. nnti kamu tau sndiri berapa besar gaji, semua trgantung usaha

      Delete
    3. Salah ini, tracer study angkatan 2008 adalah tahun masuknya, jadi lulusnya sekitar tahun 2012-2014. Sedangkan Achmad Zaky angkatan 2004 karena dia masuk tahun 2004

      Delete
  2. Saya anak ITB dan artikel ini aneh sekali. Bikin down maba aja. Tracer study ITB angkatan 2008 berarti tahun masuk nya 2008 .Bukan tahun kelulusan yg 2008, mas!

    Tolong dong jangan buat artikel yang menyesatkan!

    ReplyDelete