Tuesday, 16 August 2016

Filled Under:

Belajar Active and Passive Voices (kalimat langsung dan kalimat tidak langsung) dalam Bahasa Inggris

Perlu diketahui bahwa ragam gramatikal dalam bahasa Inggris memiliki dua macam jenis, yaitu: kalimat aktif (active voice) dan kalimat pasif (passive voice. Pengertiannya adalah sebagai berikut:
  • Active Voice (kalimat aktif): yaitu suatu kalimat yang subjeknya memiliki pekerjaan yang bersifat langsung berkenaan dengan objeknya, biasanya kata kerjanya berawal me (seperti: memukul, memasak, mewarnai, menggambar, menulis). Contoh: Atalarik sings a song (Atalarik menyanyikan sebuah lagu).
  • Passive Voice (kalimat pasif): yaitu suatu kalimat di mana subjeknya tidak langsung dikenai pekerjaan, namun justru objeknya yang bekerja melakukan sesuatu untuk menjelaskan apa yang dilakukan Subjek). Contoh: A song was sung by Atalarik (sebuah lagu dinyanyikan oleh Atalarik). Menulis kalimat aktif di dalam bahasa Inggris tidak terlalu sulit, tinggal mengikuti saja kaidah tenses. Namun yang sulit justru menulis kalimat pasif karena ada rumusnya tersendiri.
Berikut adalah rumus dan penggunaan kalimat pasif dan aktif, beserta contoh-contohnya:

RUMUS Passive Voice, kalimat pasif (TO BE + PAST PARTICIPLE)

Contoh:
  1. ACTIVE: My mom can make bread (Ibuku bisa membuat roti. PASSIVE: Bread can be made by my mom (Roti bisa dibuat oleh Ibuku)
  2. ACTIVE: The society elected the President (Masyarakat memilih presiden). PASSIVE: The President elected by the Society (Presiden dipilih warga negara)
  3. ACTIVE: The boy beats the dog (anak laki-laki memukul anjing). PASSIVE: The dog is beaten by the boy.
  4. ACTIVE: I buy a book (aku membeli sebuah buku). PASSIVE: A book is bought by me (sebuah buku dibeli oleh saya)


Begitulah beberapa macam contoh penggunaan kalimat aktif dan kalimat pasif dalam bahasa Inggris. Jangan lupa bahwa penggunaan keduanya sangat terikat dengan tenses. Bila kalimatnya menggunakan orang ketiga tunggal (she, he, it) maka kata kerja (verb-nya) berakhiran s/es.

Semoga pembelajaran ini berguna untuk memahami dengan baik apa itu Active and Passive Voince in English. Jangan lupa baca artikel lain tentang bahasa Inggris di:

0 comments:

Post a Comment