Saturday, 13 August 2016

Filled Under:

Belajar tentang Preposition Bahasa Inggris

Preposition atau preposisi adalah kata-kata yang biasanya disematkan sebelum kata benda (noun) atau ganti (pronoun) pada suatu kalimat. Jika dalam bahasa Indonesia, preposisi sama dengan kata depan. Penggunaan preposisi boleh diikuti oleh kata kerja (verb) bila kata kerja tersebut merupakan kata kerja yang dibendakan atau berakhiran ing. Situasi perpaduan antara preposisi dan kata kerja ing tersebut biasa terjadi dalam kasus present continuous tense dan gerund, atau kata kerja yang dibendakan tersebut.



Meski tampak sepele. Ternyata bagi banyak orang yang belajar bahasa Inggris kerap kesulitan menggunakan preposisi, apalagi secara normatif sesungguhnya kalimat dalam bahasa Inggris memang jarang menggunakan preposisi. Tapi tetap sana masalah ini perlu dipelajari untuk bisa hadapi masalah kalimat preposisi. Kesulitan itu antara lain:
  • Bingung menentukan apakah sebuah kalimat yang diucapkan atau ditulis membutuhkan preposisi atau tidak.
  • Sulit menentukan preposisi mana yang diperlukan dalam penyusunan kalimatnya.Terjadi perbedaan mendasar dalam penggunaan preposisi antara negara Inggris dengan negara lain di Eropa atau Indonesia misalnya. Jika di Eropa kebanyakan, penyusunan kalimat selalu menggunakan rumus (preposisi+infinitif). Sedangkan di Inggris hanya menggunakan infinitif saja. Contoh: come here to me(datanglah ke sini padaku. Preposisi juga mungkin akan bisa mendahului noun (kata benda) dan complement (kata keterangan), bila kontruksi kalimat yang dibuat adalah jenis kalimat tidak resmi atau informal.
Berikut di bawah ini adalah daftar kemungkinan-kemungkinan penggunaan Preposisi dalam bahasa Inggris:
  1. Preposisi pada kalimat tanya (rumus: Preposisi+ whom/ which/ what/ where/ when. Contoh : Who were you calling to? (kamu menelpon siapa tadi?)
  2. Preposisi pada klausa yang relatif (rumus: preposisi diletakkan sebelum whom/what, atau ditaruh di akhir klausa) Contoh: The hotel I hire a meeting room set from (hotel yang ruang pertemuaannya saya sewa)
Begitulah beberapa macam penggunaan preposisi. Bila anda benar-benar tertarik menguasai bahasa Inggris, sering-seringlah berlatih menggunakan kalimat yang menggunakan preposisi. Jangan lupa untuk belajar mengucapkannya juga dengan baik. Semoga pembelajaran bahasa Inggris tentang preposition (preposisi) ini berguna. Baca artikel lain tentang bahasa Inggris di:

0 comments:

Post a Comment