Wednesday, 31 August 2016

Filled Under:

Jurusan Kuliah yang Cocok Untuk Anak IPA

Tidak hanya anak IPS yang kerap bingung memilih jurusan. Ternyata anak IPA juga demikian. Karena pada dasarnya, mau IPA atau IPS, sama saja mereka manusia yang bisa dilema memilih masa depan. Apalagi masa depan hidup.

Kuliah itu adalah jembatan masa depan. Salah memilih jurusan bisa menimpa siapa saja. Kalau sudah salah memilih, maka masa depan dipastikan goyah. Kuliah mandeg, masa depan tergadaikan. Kejadian semacam itu sudah sering terjadi.



Untuk kamu yang sekarang masih SMA, jurusan IPA tentunya. Sebaiknya mulai memikirkan mau masuk jurusan apa. Karena tidak sampai satu tahun lagi, kalian akan dihadapkan pada masalah memilih jurusan kuliah. Durasi waktu memilih ini sangat cepat. Tidak bisa lambat karena jadwal penerimaan mahasiswa baru itu biasanya teratur dan cepat.

Daripada bingung-bingung memilih yang mana. Lebih baik coba pertimbangkan jurusan-jurusan yang cocok untuk anak IPA, sebagai berikut:

1. Jurusan Mikrobiologi

Jurusan Biologi itu sudah lazim dipilih. Tapi kalau Mikrobiologi? Wah, dengar saja mungkin baru kali ini, ya? Padahal jurusan yang satu ini sangat keren. Selain merupakan ilmu murni, kuliah Mikrobiologi juga merupakan kuliah teknis atau terapan. Jadi ilmu yang akan kamu serap di jurusan ini bisa membekalimu dengan ketrampilan analisis biologi.

2. Jurusan Teknik Metalurgi

Tidak bisa dipungkiri, Metalurgi itu adalah landasan arsitektur sebuah peradaban. Metalurgi adalah spirit dan seni dalam membangun materi. Kuliah metalurgi akan membuatmu menjadi seorang insinyur yang memiliki selera dalam mencampur-aduk berbagai unsur kehidupan. Tanpa Metalurgi, Candi Borobudur takkan pernah terbangun. Tanpa Metalurgi, tower pencakar langit tidak akan pernah memenuhi Jakarta.

3. Jurusan Meteorologi

Jurusan ini agak susah didefinisikan. Apakah Meteorologi mempelajari meteor? Tampaknya tidak demikian. Tidak hanya demikian. Jurusan ini adalah sebuah disiplin ilmu yang mempelajari atmosfer dari segala macam planet terutama planet Bumi tentunya. Di jurusan ini mahasiswa akan belajar tentang iklim, cuaca, siklus angin, dan badai tentunya.

4. Jurusan Radiologi

Jurusan Radiologi hampir tak terjamah oleh pikiran anak IPA yang mainstream. Bahkan mungkin banyak yang tidak tahu tentang jurusan apakah ini. Nah, Radiologi adalah sebuah jurusan yang mempelajari teknik radiologi dalam membantu menegakkan diagnosa medis. Radiologi itu meliputi teknik rontgen, MRI, CT Scan.

0 comments:

Post a Comment