Monday, 29 August 2016

Filled Under:

Sekilas Info Penting Tentang Bahasa Inggris yang Perlu Kamu Ketahui

Bahasa Inggris adalah sebuah bahasa yang penting di dunia. Tiap orang wajib fasih, sebab bahasa Inggris digunakan di banyak lapangan kerja. Sebagaimana sebuah barang konsumsi, terkadang metaforma dari bahasa Inggris tak banyak diketahui orang.

Bahasa Inggris masih berkerabat dengan bahasa Jerman, keduanya berada dalam satu rumpun jermanik. Tapi, keunikannya, bahasa Inggris jadi satu-satunya bahasa paling kompleks secara tata bahasa dan kosa kata.



Kosa kata dalam bahasa Inggris banyak dipengaruhi bahasa Prancis akibat penaklukkan Inggris oleh bangsa Norman (Normandia, Prancis). Hingga banyak kata Inggris yang merupakan serapan Perancis. Hal ini membuat banyak kemiripan antara bahasa Inggris dengan Prancis.

Bahasa Inggris memiliki 26 fonem berupa 21 huruf mati dan 5 huruf hidup. Sistem bunyi vokal dalam bahasa Inggris terdiri dari 5 huruf yaitu: a, i , u, e, o. Ini sama saja dengan bahasa latin pada umumnya. Selain itu, bahasa Inggris juga memiliki sistem struktur dan variasi kegunaan.

Secara general, sistem bahasa Inggris memiliki dua tradisi besar yaitu bahasa Inggris Britania dan Bahasa Inggris Amerika. Kedua tradisi itu memiliki penutur dalam jumlah besar dan tersebar di seluruh negara. Masing-masing tradisi memiliki penggemar tersendiri. Tergantung kenyamanan.

Bahasa Inggris mengenal sistem kala yang disebut sebagai tenses. Adapun beberapa tenses dalam bahasa Inggris adalah sebagai berikut:

  1. Past Tense
  2. Present Tense
  3. Future Tense
Di mana masing-masing tense di atas terbagi menjadi empat kondisi (situasional) yakni:

  1. Simple
  2. Continuous
  3. Perfect
  4. Perfect Continuous 
Memang dibanding bahasa yang lain. Sistem dalam bahasa Inggris cukup rumit. Perlu ekstra hati-hati dalam menggunakan tenses dan kosa kata. Karena selain sistem tenses, bahasa Inggris juga memiliki sistem perubahan bentuk kata kerja, ada V1, V2, V3 (verb 1, verb 2, verb 3), yang mana masing-masing verb tergantung tenses dan situasi penggunaan kalimat.

Buat kamu yang ingin mahir bahasa Inggris, banyak-banyaklah berlatih supaya bisa memahami kerumitan sistem itu. Tapi sebagaimana dalam postingan sebelumnya, kita perlu menempatkan bahasa Inggris sebagai sebuah alat, sehingga belajar bahasa Inggris tak dianggap sulit, tapi menyenangkan.

0 comments:

Post a Comment