Tuesday, 23 August 2016

Filled Under:

Sri Mulyani adalah Pencetus Beasiswa LPDP

Belakangan ini eksistensi beasiswa LPDP semakin menonjol dibanding beasiswa lain. Tak lepas dari canggihnya sistem informasi masa kini dalam menyebarkan artikel-artikel tentang beasiswa ini. Melalui jaringan sosial media, yang kebanyakan dimainkan oleh para pemuda Bangsa Indonesia, akhirnya beasiswa ini menjadi tren.

LPDP adalah singkatan dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan. Beasiswa LPDP ditujukan khusus untuk pendidikan tinggi strata 2 (program magister) dan strata 3 (program doctoral) dan merupakan sebuah instansi resmi yang dikelola pemerintah. LPDP dikelola berkat kerjasama 4 kementerian di Indonesia, yaitu:
  1. Kementerian Keuangan Republik Indonesia (Kemenkeu RI)
  2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI)
  3. Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag)
  4. Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristek RI)


Pencetus gagasan beasiswa LPDP ternyata adalah Sri Mulyani, menteri keuangan Republik Indonesia yang baru saja dilantik Jokowi untuk bergabung kabinet kerja, belum lama ini. Dulu memang pada masa kabinet Indonesia Bersatu pimpinan SBY, beliau menjabat sebagai Menteri Keuangan juga, namun karena didesak masalah politik karena tersandung kasus pencairan dana bailout Bank Century, beliau mengundurkan diri. Padahal kiprah beliau sangat bagus dan diakui dunia karena berhasil menyelamatkan Indonesia dari krisis moneter Internasional tahun 2008.

Kasus Century seakan menjadi sebuah potret gelap perpolitikan Indonesia, bahwa orang sehebat dan secerdas Ibu Sri Mulyani malah didepak dengan cara tidak terhormat. Padahal konon bila Century tidak ditolong maka akan berdampak negatif bagi negara. Apalah daya, Sri Mulyani memang hebat soal masalah ekonomi, tapi masalah politik, beliau angkat tangan. Tapi tidak mengapa, disia-sia dan dipermalukan oleh oknum yang berkepentingan politik di negaranya, ternyata begitu mengundurkan diri, beliau menerima jabatan baru sebagai Direktur Pelaksana World Bank... Sungguh luar biasa...!Ini menandakan dunia saja percaya bahwa beliau bersih dan tidak korup. Dan kini tahun 2016, tidak disangka-sangka beliau akhinya kembali dipanggil untuk membantu tugas Jokowi mengemban amanah rakyat negeri Indonesia tercinta.

Begitulah sekelumit kisah tentang beasiswa LPDP dan tentunya tentang Ibu Sri Mulyani sebagai pencetusnya. Membaca kisah beliau sungguh sangat menginspirasi. Apalagi untuk kalian yang sedang berusaha untuk bisa mendapatkan beasiswa LPDP. Supaya lebih paham tentang beasiswa ini, langsung kunjungi saja situs website Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Republik Indonesia di http://www.lpdp.kemenkeu.go.id

0 comments:

Post a Comment