Tuesday, 30 August 2016

Filled Under:

Untuk Kamu yang Lulusan SMA IPS, Jurusan Kuliah ini Patut Dicoba

Buat siswa-siswi SMA yang sudah menginjak kelas12 pasti sedang bingung mau kuliah jurusan apa. Apalagi untuk yang jurusannya IPS. Wah, pasti bingung sekali harus masuk kuliah jurusan apa. Karena biasanya yang dari jurusan IPS memiliki sedikit pilihan. Daripada yang jurusan IPA.

Anak-anak IPA bebas, boleh masuk jurusan yang basisnya IPS. Tapi kalau anak-anak IPS, dilarang masuk jurusan yang basisnya IPA. Inilah ketidakadilannya. Tapi sebenarnya cukup dapat dimaklumi, sebab anak-anak berbackground IPA memang lebih cerdas-cerdas. Mereka dianggap mampu menguasai multi-bidang.



Untuk kamu yang lulusan IPS jangan minder dan malu. Buktikan pada siswa IPA bahwa kamu juga layak mendapatkan jurusan terbaik. Mentang-mentang dari IPS belum tentu juga kamu akan selamanya tertindas dan terpinggirkan soal jurusan.

Karena sebenarnya jurusan kuliah yang basisnya IPS itu banyak sekali. Dan tentu saja anak-anak IPS lebih jago kalau mengikuti perkuliahannya. Karena jurusan-jurusan kuliah IPS selalu membutuhkan jiwa independen dan patriotik khas anak-anak IPS.

Berikut adalah daftar jurusan kuliah yang patut dicoba, beserta alasannya:

Jurusan Sosiologi
 Jurusan sosiologi hanya cocok untuk anak-anak IPS. Karena di jurusan ini membutuhkan kepekaan sosial, di mana kepekaan sosial atau kepekaan terhadap masyarakat hanya dimiliki oleh yang mereka yang SMA-nya jurusan IPS.
 
Jurusan Ilmu Politik
Jurusan Ilmu Politik juga cocok untuk anak-anak IPS. Karena di jurusan ini selalu membutuhkan sosok-sosok berjiwa pemimpin. Leadership atau kepemimpinan tidaklah mudah diraih. Selain faktor bawaan, watak kepemimpinan juga dimiliki karena aktivitas bergaul. Nah, anak IPS sudah pasti gaul dan rajin aktif di organisasi.
 
Jurusan Ilmu Administrasi Negara
Jurusan Ilmu Administrasi Negara biasanya diminati oleh anak-anak IPS yang karakter dirinya suka kerapian dan keteraturan. Mereka biasanya memilih jurusan ini karena suka pada kemapanan sosial pula. Anak-anak IPS di jurusan ini biasanya memiliki sikap 30% seperti anak IPA.

Jurusan Ilmu Komunikasi
Jurusan Ilmu Komunikasi sangat cocok untuk anak-anak IPS yang perfectionis dan supel. Jurusan ini juga membutuhkan talenta kreativitas dan seni. Biasanya anak-anak IPS yang memilih jurusan ini cenderung anak yang hiperaktif. Suka bergerak terus dan lebih senang pada pekerjaan lapangan alias teknis, daripada teoritis.

Jurusan Hubungan Internasioal
Jurusan Hubungan Internasional juga mayoritas diminati anak-anak IPS. Mereka biasanya adalah anak yang supel dan visioner. Tapi mereka memiliki watak kurang independen karena sikap kepatuhan mereka sangat tinggi. Maklum profesi yang mereka kejar adalah profesi pengabdian sosial, sebagai abdi negara, seperti diplomat.

0 comments:

Post a Comment