Tuesday, 6 September 2016

Filled Under:

4 Alasan Mengapa Anda Harus Jauhi Bisnis MLM, yang Nomor 4 Bikin Ngenes

MLM adalah singkatan dari Multi Level Marketing. Bisnis MLM menjamur belakangan ini, dengan aneka macam brand dan kedok. Para aktivis MLM ini biasanya memang doyan sekali ngomong. Selalu bicara akan kesuksesan, meski dirinya sendiri mungkin tidak sesukses seperti yang dikatakannya sendiri.

MLM memang jenis bisnis yang menyebalkan. Para promotor atau aktivisnya itu benar-benar jago retorika dan menjerumuskan. Selalu jualan iming-iming. Selalu pakai jargon, "capek di awal, senengnya belakangan." Selalu saja begitu. Padahal sendirinya tidak pernah senang.



Kunci kesuksesan MLM memang ada pada rekrut. Semakin banyak orang direkrut maka akan membentuk percabangan bisnis yang kokoh. Semakin banyak orang berada di jaringan anda, maka semakin banyak anda mendapatkan uang.

Karena keharusan rekrut itulah, para aktivis MLM jadi tumbuh menjadi pribadi menyebalkan. Ke mana-mana promosi. Ke mana-mana jualan retorika. Ke mana-mana naruh selebaran atau katalog produk. Benar-benar mereka akan selalu anggap setiap orang yang dijumpai adalah target operasi, sebagai sasaran rekrutment.

Para aktivis MLM entah mengapa terbangun menjadi pribadi yang mirip-mirip begitu. Suka show-off alias pamer. Cara mereka pamer juga sama, selalu saja berkata bahwa dirinya sangat bahagia. Dirinya bisa melakukan dan membeli apa saja. Bisa travelling ke mana saja.

Siapa yang tergiur dengan retorika semacam? Apalagi untuk kalian yang memang sedang membutuhkan pekerjaan. Sudah pasti akan langsung meneken alias menandatangani surat kontrak sebagai downline dari sang aktivis MLM itu. Selamat, bergabung dan sukses bersama kami. Begitu kata para aktivis.

Benar-benar kadang memuakkan cara aktivis MLM itu promosi. Malah kadang-kadang ada yang menipu. Bilangnya akan membentuk komunitas hobi, atau membentuk teamword yang bonafid banyak gajinya. Eh malah ternyata MLM.

Berikut adalah 4 alasan anda harus jauhi bisnis MLM, yang nomor 4 bikin ngenes:

  1. Ingatlah bahwa MLM ini bisnis jaringan. Sadari diri anda, bila anda tipikal manusia susah gaul dan sempit jaringan, lebih baik tidak usah ikut. Tidak usah dengarkan retorika, "akan diajari oleh upline-nya", itu hanya kedok rekrutment.
  2. MLM itu membutuhkan sosok-sosok yang pandai bicara dihadapan orang banyak. Kalau kamu pemalu dan susah bicara, sebaiknya tidak usah ikut.
  3. MLM itu hanya untuk kalian yang suka aktif bersosial masyarakat guna promosi produk dan rekrut orang. Kalau kamu malas-malasan promo dan rekrut, tidak bakal dapat uang.
  4. Bisnis MLM itu selalu penuh drama. Terkadang aktivisnya harus bohong pada diri sendiri dan orang lain tentang kesuksesan dan kebahagiaan. Sebenarnya ikut MLM itu lelah dan keluar banyak uang, tapi malah bilangnya bahagia dan digaji. Ngenes.

0 comments:

Post a Comment