Saturday, 10 September 2016

Filled Under:

Cara Mengatasi Stres Karena Pekerjaan

Pekerjaan yang padat merayap membuatmu stres. Padahal kalau sudah stres, kesehatan fisikmu drop. Misalnya jadi lemas, sakit kepala, dan lambung sakit maag. Kamu berusaha melenyapkan stres itu, dengan selalu berpikir positif dan berusaha semangat. Tapi ternyata tubuh dan jiwamu tidak merespon sugesti itu, kamu tetap saja stres.

Sumber dari stres memang adalah pikiran yang padat. Pikiran yang lelah. Pikiran yang dipaksa bekerja keras padahal sudah overload. Dalam kondisi ini, stres membuatmu tidak bisa berpikir dengan baik. Rasanya pikiranmu terpecah-belah dan tidak bisa runtut dan rapi.



Padahal pekerjaanmu membutuhkan kerapian. Tapi kamu tidak bisa melakukannya. Mau sampai kapan kamu begini terus? Mau sampai kamu meremas-remas kepala karena saking stresnya? Kamu selalu diburu deadline setiap hari. Kamu harus bangkitkan jiwamu dengan semangat. Kamu tidak boleh stres lagi.

Berikut adalah cara mengatasi stres karena pekerjaan yang dapat kamu jalankan:

  1. Ketika sedang bekerja, cobalah untuk sambil mendengarkan musik. Karena musik akan membuat otakmu rileks. Pilihlah musik yang sesuai dengan moodmu. Karena musik yang tidak sesuai malah akan membuatmu pusing.
  2. Ketika sedang bekerja, cobalah untuk santai. Tidak perlu terlalu tegang. Tapi harus selalu serius. Kamu bisa sesekali ajak bicara teman di dekatmu. Tapi ajak bicara bukan berarti ngerumpi.
  3. Saat kamu bekerja, cobalah buat sesekali melakukan peregangan otot. Supaya ototmu tidak kaku. Misalnya kamu bangkit dari kursi kerja dan melakukan lari-lari kecil dan gerakan kepala dan tangan. Ini sangat membantu kurangi stres.
  4. Saat jam istirahat, jangan lupa untuk beribadah kepada Tuhan. Buat yang Islam, sholatlah karena sholat akan hindarikan kamu dari stres.
  5. Cobalah untuk selalu ngemil di saat kamu kerja keras. Kalau kamu enggan ngemil berat, kamu bisa makan coklat. Coklat sangat bagus untuk kurangi stres.
  6. Jangan lupa menelpon istri/suami bila memang kamu sudah menikah. Karena kasih sayang kalian akan sangat menguatkan langkah. Akan sangat memotivasi.
  7. Dan yang terakhir, jadilah pribadi yang rendah hati dan tidak terlalu ambisius mengejar hasil. Pekerjaanmu akan mendapatkan hasil yang baik kalau prosesnya baik. Namun kalau kamu tidak bisa mengendalikan ambisimu, yang justru membuatmu stres. Tentu saja hasilmu akan buruk di kemudian hari.


0 comments:

Post a Comment