Sunday, 11 September 2016

Filled Under:

Prospek Kerja Sarjana Sastra Indonesia

Jurusan Sastra Indonesia tergolong jurusan yang sepi peminat. Karena memang siswa-siswi Indonesia justru tidak begitu senang dengan Sastra Indonesia. Biasanya yang mengambil jurusan ini adalah orang yang memang benar-benar memiliki ketertarikan kepada kajian bahasa dan sastra Indonesia.

Sayangnya, walaupun senang dengan kajian bahasa dan sastra. Belum tentu mereka saat lulus akan memiliki sumbangsih terhadap perkembangan Sastra Indonesia, sebab sumbangsih selalu membutuhkan bakat dan rasa yang melekat untuk berkarya sastra.



Hanya orang yang memiliki bakat dan rasa yang bisa melahirkan karya. Sastra itu seni, butuh kelihaian tangan-tangan berbakat untuk menggoreskan pena. Pena yang menumpahkan prosa-prosa kehidupan. Bakat sastra merupakan keniscayaan, jadi tidak bisa diperoleh dengan usaha.

Orang yang memang berbakat di bidang sastra, pasti akan bisa berkarya walau tidak belajar. Tapi sekeras apapun orang tidak berbakat mencoba berkarya sastra, tidak akan pernah bisa. Sebab sastra memang adalah lahiriyah. Sastra itu tumbuh bersama kelahiran bayi, bersama kelahiran kehidupan manusia pertama kali.

Prospek kerja sarjana Sastra Indonesia tidaklah seperti sarjana di bidang lain. Lulusan sastra adalah orang yang harus bisa mandiri dalam menciptakan lapangan kerja untuk dirinya sendiri. Kalaupun bekerja pada sebuah perusahaan atau orang lain, maka ia pun akan berkutat dengan urusan kreativitas.

Berikut adalah prospek kerja sarjana Sastra Indonesia:

Sastrawan

Sastrawan adalah mereka para kreator. Orang yang bekerja dalam bidang kreativitas sastra. Sastrawan terjun langsung dalam apresiasi karya sastra. Sayangnya profesi ini tidak bisa dicapai oleh semua lulusan Sastra Indonesia karena pada dasarnya profesi ini adalah sebuah prestige yang diberikan, dianugerahkan masyarakat kepada seseorang yang berprestasi di bidang sastra Indonesia.

Penulis

Ketika Sastrawan adalah sebuah profesi yang terberi (gifted), maka penulis adalah profesi yang digunakan untuk upaya mendapatkan prestige itu. Mereka yang menyandang gelar sastrawan adalah para penulis yang handal. Yang memberikan warna dan corak baru terhadap ranah Sastra Indonesia.

Pengusaha

Wilayah kerja Sastra Indonesia itu sangat luas. Seorang lulusan Sastra Indonesia pun bisa menjadi pengusaha. Biasanya di bidang kepenulisan dan penerbitan. Banyak lulusan yang sukses mencoba penerbitan buku secara indie. Karena sekarang marak sekali penulis-penulis indie yang ingin menerbitkan buku.

0 comments:

Post a Comment