Saturday, 3 September 2016

Filled Under:

Tempat Magang Terbaik Untuk Fresh Graduate S-1

Lulus sarjana strata 1 (S-1) tidak mesti langsung bisa kerja di tempat yang diinginkan. Karena persaingan di dunia kerja itu sangat sengit. Selain faktor prestasi (IPK tinggi), untuk bisa kerja di tempat yang diinginkan juga butuh attitude yang baik. Selain itu, faktor lucky atau keberuntungan juga berperan besar.

Banyak kejadian di mana sudah lulus kuliah tapi untuk cari kerja saja susah. Banyak pula yang sudah melamar kerja sana-sini, dengan membawa CV terbaik, lengkap dengan aneka macam prestasi, tapi hasilnya tetap nihil, belum bisa kerja juga. Kalau pun sudah kerja, cuma bisa masuk di sektor yang tidak diinginkan, gajinya pun tidak sesuai harapan.



Sebenarnya tidaklah pantas seorang sarjana menganggur. Rasanya bodoh sekali jika demikian. Karena pada dasarnya, tiap orang berhak untuk kerja dan mendapatkan penghidupan yang layak. Berhak pula untuk para sarjana mendapatkan tempat kerja yang layak dengan gaji yang progresif.

Sarjana harusnya cerdas, kreatif, dan kritis. Mereka tidak boleh diam saja. Jangan sampai waktu menunggu pengumuman diterima kerja dibiarkan kosong karena itu hanya akan memicu frustrasi dan depresi. Pikiran pun menjadi negatif terus bawaannya. Padahal hidup harus selalu positif.

Nah, ada cara yang cerdas dan kreatif untuk para sarjana yang baru lulus, alias fresh graduate agar tidak menganggur. Yaitu dengan magang. Magang adalah praktek kerja profesional, di mana kita diberi tugas layaknya pekerja lain di sebuah perusahaan, namun status kita hanyalah kontrak sementara dan ikatan profesional hanya berlaku dalam jangka waktu kontrak.

Magang bisa menjadi solusi untuk para sarjana yang ingin mendapatkan pengalaman kerja langsung di lapangan kerjanya. Seringkali sebuah perusahaan merekrut secara resmi seorang sarjana magang menjadi karyawannya. Maka sebaiknya, bila kita magang di sebuah perusahaan, maka bekerjalah sebaik mungkin. Tunjukkan semaksimal mungkin kinerja kita.

Berikut adalah daftar tempat magang terbaik untuk fresh graduare S-1:

1. Perusahaan yang sesuai dengan background keilmuan sarjananya

Misalnya anda adalah lulusan sarjana hukum. Cobalah mendaftar magang di firma hukum seperti kantor pengacara. Biasanya pengacara yang memiliki kantor atau firma ini memang merekrut pegawai magang.

2. Magang di Non Govermental Organizatition (NGO)

Sarjana jarang yang mau melitik NGO atau terkenal pula dengan nama LSM. Padahal magang di NGO itu sangat seru dan bermutu. Jangan hanya pikirkan gaji. Tapi benar-benar pikirkan kita akan mendapatkan ilmu dan jaringan kekerabatan di sini. NGO yang membuka lowongan magang biasanya mereka juga bonafid soal uang. Kita mungkin saja bakal digaji.

0 comments:

Post a Comment