Monday, 5 September 2016

Filled Under:

Tips Mengatasi Bosan dan Malas Kuliah, Yang Nomor 4 Pasti Gayamu Banget

Kuliah selalu butuh tenaga ekstra dan pikiran ekstra. Kuliah juga butuh mood atau suasana hati yang baik. Rasanya kuliah akan terganggu kalau hati sudah enggan menerima. Kuliah juga sia-sia kalau terus-menerus suntuk di kelas.

Ada beragam alasan mengapa mahasiswa jadi mudah bosan kuliah. Berikut adalah beberapa alasan yang banyak menimpa mahasiswa:
  • Mata kuliah yang diikuti sulit
  • Cara dosen mengajar bikin ngantuk dan pusing
  • Tidak ada teman di kelas
  • Sedang ditimpa masalah yang berat
  • Sedang tidak enak badan (sakit)
  • Sedang mengantuk dan ingin istirahat saja
  • Sedang krisis identitas diri, bawaannya kuliah tidak bermakna dan tidak berguna


Untuk mengatasi rasa bosan kuliah itu memang sulit. Tergantung seberapa besar tekad yang tersemat dalam diri mahasiswa. Semakin mengikuti rasa bosan akan semakin malas. Dan semakin malas seorang mahasiswa, maka kuliahnya pun jadi tersendat. Bisa-bisa bakal sering bolos, kemudian kurang persentase absensi, dan pada akhirnya nilai kuliahnya jeblok.

Kalau nilai kuliah sudah jeblok terus-menerus. Maka harus diulang dari semester ke semester. Kalau tiap semester seorang mahasiswa masih saja gampang bosan dan malas kuliah. Pastilah dapat dipastikan kuliahnya akan berakhir DROP OUT (DO).

Supaya kamu tidak berakhir DO, berikut adalah tips mengatasi bosan dan malas kuliah. Mungkin yang poin nomor 4 adalah gayamu:

  1. Pada saat melakukan entri SIA (Sistem Informasi Akademik) pilihlah mata kuliah yang benar-benar sesuai dengan dirimu dan cocok dosennya. Yang sesuai artinya yang kamu sukai.
  2. Jangan pernah sekali-kali ambil mata kuliah hanya karena ikut-ikutan teman atau karena sedang mengadu nyali diajar dosen killer.
  3. Gunakan waktu jeda istirahat perkuliahan dengan baik. Sebaiknya makanlah di enak, karena makanan sangat ampuh meningkatkan mood.
  4. Kamu boleh sesekali nakal, ajak pacarmu ikut kuliah di kelas. Tapi ingat! Jangan sampai ketahuan karena biasanya dosen itu hafal wajah-wajah mahasiswanya. Kalau ada yang asing, pasti ditanya siapa.
  5. Berpikirlah bahwa jika kamu semangat kuliah, maka nilaimu kelak akan baik, minimal B dan maksimal A. Dan kamu pun akan mendapatkan IPK yang bagus.

0 comments:

Post a Comment